Rabu, 23 November 2016

Kegunaan dan Manfaat Mesin Press Vacuum Sealer



Mesin press plastik vacuum salah satu mesin press plastik yang di gunakan untuk mengemas kemasan makanan froozen food, seperti sosis, nugget, daging, bakso, ikan, makanan laut dan lainnya. Dengan mengemas makanan menggunakan mesin press vacuum dapat membuat makanan lebih awet, tahan lama, tidak berbau dan tidak mudah busuk, sehingga dapat bertahan hingga berminggu-minggu, namun tergantung dari jenis makanan dan suhu tempat penyimpanan.

Mesin press vacuum sudah dikenal dan banyak digunakan dalam dunia usaha terutama pada usaha makanan, karena fungsnya  yang sangat kompleks dan cukup berperan sebagai alat pengemas makanan. Meskipun harga jual mesin press ini cukup mahal, tetapi semua itu terbayarkan dengan hasil yang dihasilkan karena dapat membuat makanan bertahan lama.

Prinsip kerja mesin prees vacuum sealer bekerja menggunakan prinsip vacuum atau sedot, dimana udara yang berada di dalam kemasan akan dihisap udara nya sampai habis, agar tidak ada oksigen sedikit pun didalam kemasan produk. Yang mana seperti kita ketahui udara dapat menyebabkan proses dioksida yang bisa mengubah bahan makanan segar menjadi tidak tahan lama akibat bakteri yang berada di udara.

Setelah proses tahap awal penyedotan udara pada kemasan produk sudah terlewati, tahap selanjutnya adalah mesin akan melakuka penyegelan pada kemasan atau yg disebut sealing dengan proses pemanasan secara otomatis. Penyegelan dilakukan bertujuan agar tidak ada lagi udara yang keluar matau masuk kedalam kemasan.

Mesin press vacuum sealer ini tentunya sangat diperlukan dalam usaha froozen food. Namun perlu Anda ketahui sebelum membeli mesin press satu ini, karena ada sebagian mesin press yang tidak dapat bekerja dengan baik, karena plastik yang digunakan tidak sesuai dengan mesin.


Maka dari itu ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu spesifikasi dari mesin press vacuum sealer yang Anda akan beli. Atau Anda bisa bertanya kepada pemilik toko yang jual mesin press bagimana cara kerja dan plastik jenis apa yang digunakan pada mesin yang Anda pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar