Rabu, 23 November 2016

Pengertian dan Jenis Mesin Press

Pengertian Mesin Press

Mesin press merupakan mesin yang digunakan untuk melakukan pemotongan dan memproduksi sheet metal. Mesin press terdiri dari beberapa bagian yaitu frame, ram dan bed. Cara kerja mesin press sendiri adalah dengan meletakan sheet metal menggunakan press dies, dengan meletakkan sheet metal diantara upper dies dan lower dies.

Sistem mekanis mesin press akan menggerakkan slide (ram) yang di teruskan ke press dies dan mendorong sheet metal sehingga dapat memotong dan membentuk sheet metal tersebut sesuai dengan fungsi press dies yang digunakan. Hasil kualitas dan ketelitian dari produk yang dihasilkan tergantung pada kualitas mesin press bagian press dies dan sheet metal nya. Kecepatan produksi dari mesin press sendiri juga tergantung dari kecepatan slide.

Mesin press sendiri dapat dibedakan berdasarkan sumber tenaganya, yaitu:

- Mesin Press Tenaga Hydraulic



Alat ini bekerja dengan dasar teori hukum paskal. Prinsip kerjanya, dengan memanfaatkan tekanan yang diberikan pada cairan untuk menekan, mengepres, membentuk sesuatu.

Prinsip kerja mesin ini cukup sederhana, sistem mesin press hydraulic terdiri dari dua silinder, yaitu silinder kecil dan silinder besar (master silinder), cairan yang digunakan biasanya minyak yang dituangkan ke dalam silinder kecil. Kemudian piston yang terdapat dalam silinder kecil mendorong dan menempatkan cairan yang didalamnya mengalir melalui pipa ke dalam silinder besar. Dan begitu sebaliknya piston yang ada pada silinder besar mendorong kembali cairan ke silender kecil.

- Mesin Press Tenaga Manual



Tentunya mesin ini menggunakan sumber tenaganya dari manusia. Cara kerja mesin press manuali ini sendiri cukup sederhana, operator mesin atau pekerja akan menggunakan setir yang memiliki diameter sekitar 70cm untuk menaik turunkan piston, biasanya untuk menurunkan piston setir mesin diputar searah jarum jam atau kekanan, dan begitu sebaliknya jika ingin menaikkan maka setir di putar berlawanan arah jarum jam atau ke kiri.

- Mesin Press Tenaga Motor Listrik dengan Gearbox

Mesin press dengan sumber tenaga ini bekerja dengan menggunakan gabungan antara motor listrik dan gearbox, motor listrik bekerja bersama dengan gearbox yang disambungkan dengan menggunakan v-belt. Dan mesin press jenis ini piston penggeraknya dihubungkan dengan gearbox menggunakan rantai. Biasanya agen yang jual mesin press ini adalah jenis mesin press seperti untuk ampas tahu.

Dan demikian pengertian serta jenis mesin press berdasarkan penggeraknya. Mesin press sendiri memiliki berbagai ragam jenis, kegunaan, dan hasil barang yang diproses. Anda dapat menentukan mesin press yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak di jual mesin press dengan berbagai kapasitas dan kualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

1 komentar:

  1. Produk Petrofer Oil tersedia untuk semua kebutuhan industri seperti :

    Metal working fluid, Metal forming lubricants, Die casting, Forging, Hidrolik oil, Slide way, Gear oil, Cutting oil, Quenching oil dan berbagai jenis chemicals.
    WA=081310849918
    Email tommy.transcal@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus